• Breaking News

    Just Share... bukan bermaksud menggurui ataupun sok suci hanya ingin berbagi.....

    Test Footer

    Sabtu, 06 Juli 2013

    RAMALAN TERJADINYA RAMADHAN 1434 H/ 2013 :D


    Bismillah
    “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Q.S Al Mujadilah:11)
    “Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang maka dia diberi kepahaman dalam ilmu agama. Sesungguhnya memperoleh ilmu hanya dengan belajar. (HR. Bukhari)
    Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:
    Dari Nabi saw. bahwa beliau menyebut-nyebut tentang bulan Ramadan sambil mengangkat kedua tangannya dan bersabda: Janganlah engkau memulai puasa sebelum engkau melihat hilal awal bulan Ramadan dan janganlah berhenti puasa sebelum engkau melihat hilal awal bulan Syawal. Apabila tertutup awan, maka hitunglah (30 hari). (Shahih Muslim No.1795)

    Assalamualaikum…
    Entah kenapa kedatangan bulan Ramadhan yang selalu kita tunggu akhir-akhir ini selalu mendatangkan perselisihan :)
    Tapi tak kenapa, pasti ada hikmah dibalik itu semua, salah satunya menjadikan kita semakin nggeh tentang kapan awal penetapan bulan ramadhan, apa itu hilal, bagaimana bentuknya, bisa dimakan apa enggak…???
    Di sini saya ingin mengajak anda berburu hilal secara nyata, real time lagi, plus dipenuhi indahnya langit disore hari menjadikan seakan-akan anda memang seorang astronom profesional yang sedang berburu hilal.
    To All-Selamat menikmati perburuan ini (y)
     



    Sebelumnya ijinkan saya memperkenalkan panduan melihat hilal
    Bulan#Panah kiri atas: sebagai objek buruan, anda bisa melihat kecerahan, jarak, derajat, bahkan posisi bulan.
    Venus#panah atas: ini ni planet yang selalu menemani matahari, saya selalu mengambil moment ini ketika venus muncul karena pada saat itu venus tidak akan muncul kecuali matahari sudah mau tenggelam dan tentunya si hilal yang kita tunggu2 akan muncul J
    Laut#panah bawah: saya menggunakan laut karena dilautlah sudut pandang kita bebas, terlebih langit cerah, dan laut juga sebagai penanda/pembatas apakah hilal sudah muncul atau belum (diatas permukaan laut apa masih dibawah/bumi bagian selatan)
    Nb. Jangan lupa diliat tempat*, tanggal dan waktunya
    *Tempat observasi di daerah Depok, Yogyakarta.



    Oke langsung saja Disini saya memakai aplikasi stelarium versi 0.11.0
    saya memulai dari tanggal 7 (ahad) untuk melihat apakah hilal sudah Nampak apa belum


    Owh ternyata hilal belum muncul, yang jadi pertanyaan “emang kemana itu hilal kok jam segini belum muncul juga?


    Oke coba kita hilangkan lautnya….



    Ternyata bulan sedang berada di bumi bagian selatan, berarti pada tgl 7 masih haknya bulan sya’ban (alias bulan mati) hehe

    Biar lebih jelas lagi...saya ilangin deh atmosphernya…




    Yap Sekarang kita liat pada tanggal 8
    Pada sore ini di barengi dengan terbenamnya matahari hilal terlihat muncul sambil tersenyum menyapa kaum muslimin yang sudah lama menunggu kedatangannya :D

    Biar lebih afdhol tak deketin lagi deh teropongnya…


    Sekarang kita liat tanggal 9  

    Pada sore ini bulan sudah memposisikan dirinya secara tegas, sudah pada bulan apa ia berada…coba liat waktunya (jam), pada waktu yang sama bulan sudah pada posisi yang tinggi.

    Sekarang kita liat tanggal 10
    Ahh U don’t say it... pasti kalian tw klo ini malem ke 2 bulan romadon, g percaya? liat aja hbs sholat magrib, wong jam segini aja itu bulan masih di atas, lho??

    So-to All Sekali lagi ini adalah prediksi#Apapun yang terjadi nanti kita harus saling menghormati#berbeda bukan berarti tak sama#bukankah indahnya pelangi karena beda yang bersama :)

    Seberapa indahnya rencana kita lebih indah rencana Allah untuk kita :P

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Beauty

    Fashion

    Flag Counter

    Test Footer

    Travel